Bahasa Esperanto, Bahasa Paling Mudah Didunia, Gampang Bangat Mempelajarinya.

L.L Zamenof

        Bahasa Esperanto, merupakan bahasa buatan (Constructed Language) yang di ciptakan oleh

seorang Yahudi asal Polandia,yaitu Ludwig Lazarus Zamenof pada tahun 1887. Beliau yang hidup di lingkungan orang poliglot(orang-orang yang bicara dalam banyak bahasa) mendapat banyak kendala dalam berkomunikasi dengan orang lain, karena perbedaan bahasa. Ia berpikir bahwa butuh sebuah bahasa pemersatu yang mudah di pelajari untuk mengakhiri permasalahan tersebut.  Beliau menolak bahasa bahasa besar yang saat itu sudah berkembang, misalnya bahasa Inggris, Perancis, Rusia,  dan Jerman, dengan alasan sangat susah untuk dipelajari.

    Saya telah mempelajari bahasa Esperanto selama kurang lebih enam bulan secara otodidak, melalui internet. Salah satu situs yang paling sering saya gunakan adalah Duolingo.com dimana dalam situs tersebut tersedia banyak bahasa yang bisa dipelajari dengan gratis. Aplikasi tersebut saat ini juga bisa didownload melalui Play Store Android. Belajar bahasa di aplikasi duolingo sangat menyenangkan karena pelajarannya bersifat game.

   Selama enam bulan belajar bahasa Esperanto, saya merasakan jelas betapa mudah mempelajari bahasa tersebut dibanding bahasa Inggris . Walaupun saya mempelajarinya tidak beraturan( kadang belajar kadang tidak) kemampuan bahasa Espranto saya sekarang sudah sama dengan kemampuan bahasa Inggris saya. Yang jika di bandingkan, saya belajar bahasa Inggris mulai dari Sekolah Dasar(SD) samapai SMA  kurang lebih selama 9 tahun, sedangkan saya belajar bahasa Esperanto hanya secara otodidak selama 6 bulan.

     Beberapa faktor yang membuat bahasa Esperanto menjadi bahasa yang paling mudah, antara lain:


1) Sama seperti bahasa Indonesia, bahasa Esperanto merupakan bahasa Phonetik. Dimana pelafalannya sama dengan huruf yang tertulis.

2) Tata bahasa yang sangat beraturan (reguler), tidak seperti bahasa Inggris yang ada Irreguler( tidak beraturan) dalam tata bahasanya, bahasa Esperanto tidak mengenal Irreguler. Misalnya semua kata benda berakhiran “O” , semua kata sifat atau adjektiv berakhiran huruf ”A” dan semua kata kerja berakhiran dengan huruf “I”.




3) Sistem pembentukan kata dari kata lain yang sangat mudah di pelajari, sehingga kita hanya perluh mengetahui sekitar 500 kosa kata dan kemudian mengembangkan kosa kata tersebut menjadi kosa kata kosa kata teknis. Misalnya, awalan “Mal-“ dalam membentuk antonim atau lawan kata dari sebuah kata sifat contohnya – alta (tinggi) menjadi malalta (pendek) – seka (kering) menjadi malseka (basah) – varma (panas ) menjadi malvarma (dingin) –pura (sehat) menjadi malpura (sakit) – granda (besar) menjadi malgranda (kecil). Atau dalam membentuk kata feminim dari sebuah kata benda, hanya dengan menambahkan sisipan -in-. Misalnya viro(laki laki) menjadi vir-in-o (wanita), knabo(anak laki laki) menjadi knabino (gadis), hundO ( anjing menjadi hundino (anjing wanita), dan sebagainya.


    Dengan kemudahan-kemudahan yang di miliki bahasa Esperanto, bukan tidak mungkin bahasa Esperanto akan menjadi bahasa Internasional yang dapat menyatukan dunia di masa depan di samping Bahasa Inggris.



Sumber gambar :http://www.wikipedia.org/





2 comments:

  1. sangat menarik bahasa Esperanto ini

    ReplyDelete
  2. Best Ways to Get From Mohegan Sun Arena to Harrah's
    You don't 밀양 출장마사지 have 포항 출장마사지 to make an entry into the new Harrah's Resort 의정부 출장마사지 SoCal 광주광역 출장안마 hotel, but you can 논산 출장안마 find the cheapest way to get from Mohegan Sun Arena to

    ReplyDelete

Komentar yang mengandung pornografi,kekerasan, SARA,kurang beretika akan di hapus
PERMISI