10 Hal Dari Toraja yang Telah di Kenal di Seluruh Dunia

     Toraja memang tidak bisa di pisahkan dari parawisata. Daerah pegunungan yang beriklim hangat tersebut sangat layak untuk dikunjungi untuk dinikmati keindahan alam serta budaya unik dari masyarakatnya. Berikut 10 hal yang telah di kenal di seluruh dunia.

1) Kopi Toraja
    Tana Toraja merupakan salah satu daerah  di Indonesia yang menghasilkan kopi dengan kualitas dunia. Sebagian masyarakat Toraja berkebun kopi sebagai mata pencaharian mereka. Kopi Toraja yang juga sering disebut Celebes Kalossi telah di kenal luas sejak masa penjajahan Belanda. Karena kandungan asam yang rendah, serat bodinya yang cukup berat. Kopi toraja banyak di tanam di daerah pegunungan Sesean dan Rinding Allo

2) Ukiran Toraja( passura)
        Ukiran, atau dalam bahasa Toraja di sebut passura', merupakan pahatan yang biasanya sebagai hiasan dinding bagian luar, pada Rumah Tongkonan, maupun lumbung. Ada sekitar 67 jenis ukiran yang ada di Toraja, setiap ukiran mempunyai filsofi masing-masing sesuai dengan motifnya. Beberapa jenis motif passura yang paling sering di gunakan, antara lain: Motif pa'tedong, yang mempunyai filsofi sebagai lambang kesejahteraan atau kemakmuran, motif Pa'kapu' Baka, yaitu lambang kerukunan dan persatuan dalam keluarga. dan banyak motif lain.

3) Rambu Solo( Upacara Kematian)
Prosesi  Rambu Solo'
     Salah satu daya tarik wisata di Toraja adalah budaya Rambu solo". Upacara kematian yang merupakan peninggalan nenek moyang suku Toraja, memperlihatkan bahwah suku toraja sangat menghargai alam kematian. Kepercayaan mereka akan " puya" ( Surga versi Toraja) merupakan tujuan utama dari upacara tersebut. Meskipun sebagian besar suku Toraja telah menganut Agama Kristen( dimana agama Kristen menentang praktek tersebut" berhala" katanya), namun mereka tetap mempraktekkan nya demi pelestarian kebudayaan.

4)Ma' Tinggoro Tedong( Menyembelih Kerbau dengan cara unik)
Seorang laki laki suku Toraja "ma'tinggoro tedong"
   Ma'tinggoro tedong, merupakan cara menyembelih kerbau ala orang Toraja. Ma'tinggoro tedong sangat berbeda dengan cara penyembelihan binatang pada umumnya. Untuk penyembelihan yang biasa, menyembeli hewan sebesar kerbau, pasti membutuhkan banyak orang, namun penyembelihan ala "ma'tinggoro tedong", hanya membutuhkan seorang saja. Penymbeli, atau pa'tinggoro biasanya menebas leher kerbau hanya sekali dan kerbau biasanya akan langsung mati. Beberapa orang, terutama para penyayang binatang, menganggap hal ini merupakan cara yang kejam memperlakukan binatang.

5) Ma'pasilaga tedong( Adu kerbau)
Tedong Silaga
    Ada kerbau, atau ma'pasilaga tedong, merupakan  salah satu rangkaian proses rambu solo'. Acara ini diadakan untuk menghibur masyarakat. Kerbau jantan diadu dengan lawan, dan kerbau yang lari itulah yang kalah. Adu kerbau biasanya di adakan di lapangan atau sawah yang datar dan luas. Kerbau yang menang akan menjadi kerbau dengan harga yang sangat tinggi bisa mencapai ratusan juta.


6) Tongkonan
Rumah Tongkonan
      Rumah adat suku Toraja telah di kenal luas di seluru Indonesia , bahkan dunia. Tongkonan sering menjadi ikon pariwisata Indonesia. Rumah tongkonan menjadi simbol persudaraan di Toraja. Setiap orang Toraja memiliki lebih dari satu rumah Tongkonan sebagai asal (silsilah) mereka. Biasanya di depan rumah tongkonan, di pajang tanduk-tanduk kerbau yang telah di sembelih di Tongkonan tersebut. Jadi semakin kaya pemilik tongkonan, maka tanduk tedong yang di pajang pun akan semakin banyak pula.







7) Ma' Badong ( Tarian kematian)
    Tarian kematian yang biasanya di adakan saat upacara rambu solo' ini, merupakan salah satu tarian kematian yang sarat akan makna. Di Toraja , hanya orang orang tertentu yang dapat mengadakan tarian ini . Tarian yang biasanya di tarikan oleh laki laki ini, membentuk foramasi lingkaran dan menyanyikan lagu kematian yang sesuai dengan stasus sosial orang mati yang di upacarakan tersebut.

8) Kuburan batu
     Salah satu yang dapat di sebut di daftar ini adalah "Kuburan batu" . Kuburan yang berupa gua tersebut masih tetap di gunaklan sampai sekarang. Beberapa contoh kuburan batu yang sudah sangat terkenal  antara lain: Kuburan Batu Londa, Loko' Mata, Ke'te kesu', dan lain lain. Pada setiap kuburan batu, terdapat banyak tau-tau, yaitu patung-patung orang yang sudah meninggal. Namun karena banyaknya pencuri barang-barang antik, di beberapa objek wisata tersebut telah di pagar dengan besi.


9) Alam Toraja
Alam Toraja Yang sejuk dan indah.
 
     Toraja yang merupakan daerah pegunungan bersuhu sejuk. Begitu pun dengan alam di Toraja, yang masih hijau menambah keindahan pemandangan alam yang di tawarkan. Sawa yang banyak di temukan di Toraja menambah keindahan dan kesejukan dilembah lembah.

   Itulah sepuluh hal dari Toraja yang telah di kenal di seluruh dunia, Sekaligus menjadi daya tarik Toraja, baik bagi wisatawan luar negeri, maupun wisatawan dalam negeri. Terima kasih sudah membaca.


Cek Artikel Saya yang lain:

Burung-burung Ini Membawa Pertanda Kematian Bagi suku Toraja

Ckckckck Wanita-wanita asal Indonesia ini, malah menjadi pemain Bokep di Amerika

Wow, Makanan ini, Hanya bisa di Jumpai di Toraja


6 comments:

  1. So..., berbanggalah kita orang indonesia yang memiliki satu budaya yang unik, terlebih kita "Sang Torayan"... Aiiihihiii...!!!

    ReplyDelete
  2. thats right arnold

    ReplyDelete

Komentar yang mengandung pornografi,kekerasan, SARA,kurang beretika akan di hapus
PERMISI