Hati-hati Penipuan Bantuan Yang Mengatasnamakan Bank Dunia Sudah Masuk Toraja


   Beberapa hari lalu, beberapa orang tetangga saya mendapat surat pemberitahuan bahwa mereka memperoleh bantuan dana dari Bank Dunia atau World Bank. Surat pemberitahuan bantuan itu,di bagikan ke orang-orang yang sebelumnya telah di data melalui KTP mereka.

Surat pemberitahuannya kayak gini:
Contoh Formulir Penipuan yang mengatasnamakan bank dunia


    Karena penasaran, saya pun mencari tahu tentang bantuan tersebut di Internet, dan  alhasil yang saya dapatkan, ternyata bantuan tersebut merupakan modus penipuan, sudah banyak berita-berita, maupun komplain-komplain dari masyarakat yang pernah mereka tipu .

Antara lain seperti yang saya sudah screen capture berikut
ini komplain masyarakat yang tertipu di fan page mereka yakni WHF World Human Facility and The World Bank Unwhf

Modus penipuan bantuan Bank Dunia ini ternyata sudah pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Sidrap

Ini dia Link-link yang mengatakan kalo bantuan itu cuma modus penipuan belaka

dari Tribun News :
http://makassar.tribunnews.com/2016/03/07/2622-warga-sidrap-diduga-korban-penipuan-beriming-bantuan-bank-dunia

Dari Zonasultra :

http://zonasultra.com/isu-bantuan-bank-dunia-untuk-masyarakat-diduga-penipuan.html


Dari harian haluan:

http://harianhaluan.com/mobile/detailberita/44608/bantuan-unwhf-untuk-masyarakat-hanya-isapan-jempol

Dari RRI:

http://www.rri.co.id/post/berita/217970/daerah/modus_penipuan_ojk_bengkulu_minta_masyarakat_bengkulu_tidak_percaya_akan_unwhf.html

Dari Lintas Terkini:

http://lintasterkini.com/21/10/2015/polres-enrekang-selidiki-dugaan-penipuan-atas-nama-bantuan-hibah.html





     Modus penipuan ini, dengan cara menjanjikan bantuan per bulan, namun sebelumnya harus membayar uang formulir sebanyak Rp. 50.000, dan uang pembukaan rekening bank sebesar Rp. 300.000. Bantuan yang mereka janjikan tak tanggung-tanggung katanya sekitar $1000 per bulan atau sekitar Rp. 13 jutaan. Wiuw banyak kali itu. Karena tergiur dan berharap penuh, banyak dari tetangga saya tersebut tidak mengindahkan pemberitahuan saya kalo bantuan itu cuma modus penipuan.

    Saya melanjutkan pencarian saya di Internet siapa tahu saja berita-berita maupun komplain masyarakat yang saya baca tadi itu tidak benar. Akhirnya saya mencoba masuk website resmi PBB atau United Nation karena World Bank atau Bank Dunia yang di bawa-bawa namanya itu merupakan organisasi yang berada dalam naungan PBB. Dan alhasil tidak ada sama sekali tulisan, pengumuman atau apa pun mengenai bantuan itu, yang ada mereka memberi peringatan tertulis seperti gambar berikut ini:

Screen Capture dari Situs resmi PBB di Indonesia. Silakan cek sendiri di :
http://unic-jakarta.org/hubungi-kami/

     Sebenarnya, ini adalah modus penipuan yang klasik, dengan cara mengiming-imingi orang sejumlah uang, namun harus membayar beberapa biaya terlebih dahulu di depan. Hanya kali ini sedikit canggih dengan mencatut nama sebuah lembaga Terbesar di dunia, yaitu Bank Dunia.

    Target penipuan mereka adalah orang-orang dengan tingkat pendidikan rendah. Karena selain mudah di tipu, mereka juga sulit mendapatkan informasi. Namun banyak pula korban dari kalangan Pegawai Negeri Sipil dan Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM.

     Jadi jika kalian mempunyai tetangga, saudara atau siapa pun yang mendapat surat pemberitahuan itu, peringatkan mereka jika bantuan itu adalah modus tipu-tipu belaka.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Komentar yang mengandung pornografi,kekerasan, SARA,kurang beretika akan di hapus
PERMISI