Tokoh Tokoh Terkenal Indonesia Asal Toraja

    Meskipun secara kuantitas, suku Toraja masih jauh lebih sedikit dibanding dengan beberapa suku besar di Indonesia seperti Batak, Bugis, Jawa, Sunda, dan suku suku lain, namun secara kualitas Suku Toraja tidak bisa di pandang sebelah mata. Di Indonesia beberapa tokoh asal Toraja berkiprah di berbagai bidang mulai dari politik, ekonomi, hukum, IPTEK, entertaiment, dan sebagainya. siapa saja mereka? Berikut ulasannya


Jonathan Limbong Para'pak


    Lahir di Desa La'bo, Toraja Utara 12 Juli 1942, beliau saat ini menjabat sebagai rektor Universitas Pelita Harapan (UPH) yang merupakan salah satu universitas ternama di Tangerang, Indonesia. Beliau menyelesaikan gelar sarjana dan masternya di Universitas Tasmania, Australia.
Selain menjabat sebagai rektor UPH, sebelumnya beliau dipercayakan menempati beberapa jabatan penting dalam pemerintahan seperti:
CEO PT.Indosat Jakarta, Sekjen Departemen Priwisata, Pos Telekomunikasi, dan lain-lain.
Dan atas pengabdiannya dibidang Teknologi dan Telekomunikasi di Indonesia, beliau mendapat gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Tasmania, Australia dan Ouachita Baptist University. Beliau menikah dengan seorang keturunan Australia, yaitu Anne Atkinson, yang merupakan teman sepelayanan beliau saat kuliah di Australia. 

Alfred Tanduk Palembangan

   Pria asal Sa'dan ini merupakan seorang diplomat Indoneisa. Beliau di terima sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kementrian Luar Negeri pada Tahun 1981. Sejak saat itu, karier beliau di bidang diplomat pun semakin naik. Alumni Universitas Hasanuddin ini,  dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar LBBP Republik Indonesia, untuk Republik Kuba merangkap Bahamas, Haiti, dan Jamaika dan berkedudukan di Havana. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Dubes RI untuk Venesuela.


Tino Sarung Allo


     Pria kelahiran Jakarta 10 Juli 1958 merupakan seorang aktor,produser film, dan penulis buku. Ayahnya Renda Sarungallo adalah asli Toraja. Tino memulai karier di dunia Entertaiment sebagai kru film,dan telah membintangi berbagai film, diantaranya Quicke Express, MBA, Pesan dari Surga, dan lai lain. Ia juga telah banyak mendapat berbagai penghargaan di duniia perfilman, baik dalam maupun di luar negeri. Selain di dunia perfilman, beliau juga aktif menulis buku. Salah satu karyanya berjudul " Ayah Anak Beda Warnah" , berisi "pemberontakannya" terhadap budaya sang ayah( budaya Toraja) yang dianggap sudah tidak sesuai dengan zaman.


Oline Mendeng


   Berperan sebagai Susi di Sitkom Office Boy (OB) , membuat namanya mulai di kenal di Indonesia. Wanita kelahiran Jakarta 18 Juli 1986 ini, sekarang menjadi presenter, komdian, bintang FTV , dll. Ia sempat di kabarkan berpacaran dengan Nino Fernandes seorang aktor terkenal di Indonesia, namun putus. Ia kemudia menika dengan seorang pengusaha Batak Octav Panggabean.


Kamasean Matthews


Runner Up Indonesian Idol season 7 ini lahir di Jakarta 30 Juni 1995. Memeroleh darah Toraja dari ayahnya sedangkan ibunya adalah orang Batak. Ia menjadi kontestan termuda yang pernah ada sekaligus menjadi runner up termuda. Saat ini dia menjadi bintang iklan sebuah media sosial, yaitu we chat.


Ari Lasso
    Jarang yang mengetahui kalau mantan vokalis Dewa 19 ini memiliki darah Toraja dari ayahnya. Ia lahir di Madiun 17 Januari 1973. Saat ini beliau menjadi salah satu Juri pencarian bakat asal Belanda The Voice Indonesia. Seperti orang Toraja kebanyakan, beliau beragama Kristen.

Yulius Paonganan

       Dia sedang viral saat ini akibat diduga membuat postingan yang menghina Presiden Jokowi di sosial media. Pria bergelar Doktor dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini lahir di Batusitanduk, Luwu 10 Juli 1970.

        Belum ada informasi jelas apakah beliau ini adalah orang Toraja atau bukan, namun dari namanya, maka bisa di pastikan beliau adalah Otor.

Baca Artikel saya yang lain :

Ini Alasan-alasan Mengapa Kalian Harus Berhenti Makan Pa'tong

5 Alasan Utama Orang Toraja Mantunu Tedong

Makanan Ini Hanya Bisa Ditemukan di Toraja Loh!

Mahluk Jadi-jadian Yang Ada di Toraja


Kata-kata Makian Dalam Bahasa Toraja

Pembunuhan-pembunuhan sadis yang pernah terjadi di Toraja

Perbedaan adu Kerbau Toraja dan Vietnam

Kata-kata Bahasa Toraja Yang Tidak Bisa di Bahasa Indonesiakan













9 comments:

  1. Sebenarnya banyak lagi misalnya Ladi Malino Presenter di TV one itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sudah berkunjung dan trimakasih juga untuk Infonya..

      Delete
  2. Yulius paonganan toraja tulen, org tuax berasal dari mengkendek tana toraja, walaupun beliau lahir di luwuk.

    ReplyDelete
  3. ayahnya ari Lasso toraja? siapa namanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung nama ayahnya, yaitu Bartholomeus Bernard Lasso. Cari di google . banyak infonya....

      Delete
  4. Maaf, tapi menurut saya beberapa mungkin judulnya lebih cocok jika di ganti dengan orang Toraja yang terkenal, bukan Tokoh2 Toraja. Kareana beberapa orang di atas belum layak di sebut tokoh. Maaf kalau salah. Kurre

    ReplyDelete
  5. Betul...Harus dibedakan antara tokoh masyarakat Toraja dan orang2 Toraja terkenal (Public Figure). Tokoh ada orang2 yg mengabdikan dirinya jadi pemimpin atau berjasa dalam membangun masy. Sedangkan public figur adalah orang-orang yang memiliki bakat dan kemampuan dlm bidang tertentu sehingga dikenal oleh khalayak...

    ReplyDelete
  6. Saya setuju dengan komentar diatas yg mana menjelaskan perbedaan Tokoh masyarakat Toraja dgn Orang Toraja terkenel.

    ReplyDelete

Komentar yang mengandung pornografi,kekerasan, SARA,kurang beretika akan di hapus
PERMISI