10 Lagu Toraja Paling Populer di You Tube

      Sejak di liris pada tahun 2005, youtube sekarang sudah menjadi sebuah situs berbagi video terbesar di dunia. Tak jarang, youtube di jadikan orang-orang sebagai sarana untuk memperoleh popularitas. Di dunia ini, sudah banyak orang yang awal biasa-biasa saja, menjadi sangat terkenal, bahkan kemudian menjadi selebrity setelah video yang mereka unggah ke Youtube di tonton banyak Orang. Sebut saja Psy, asal Korea Selatan, Justin Bieber, asal Kanada, atau yang berasal dari Indonesia,yaitu group vokal GAC (Gamaliel, Audry, dan Cantika). Selain di gunakan oleh orang-orang biasa untuk mencari kepopuleran, Youtube pun di gunakan oleh orang-orang yang memang sudah populer untuk memperlihatkan hasil karya mereka kepada para penggemar mereka.  Misalnya beberapa video berikut yang merupakan video-video lagu Toraja yang paling populer.

1) Tunduina' Puang ( Daniel Tandirogang)

     Lagu rohani Kristen ini merupakan lagu berbahasa Toraja paling populer di You Tube. Lagu ini ini telah di tonton 45.005 pengunjung setia YouTube. Bukan hanya di Youtube, lagu ini juga cukup populer di kalangan orang Toraja. Lagu yang bercerita tentang kesedihan sang penyanyi karena dalam keadaan sakit ini, dinyanyikan oleh seorang penyanyi terkenal Toraja, yaitu Daniel Tandi Rogang.
Daniel Tandirogang merupakan salah satu penyanyi dan pencita lagu yang sangat populer di Toraja. Kebanyakan lagu beliau bertema Religi, walaupun beberapa lagunya juga bertema lain seperti tema cinta.
 

2) Sende Umpudi Puang ( Daniel Tandirogang)

         Masih dari penyanyi yang sama yaitu Daniel Tandirogang, lagu yang juga lagu rohani ini menempati poisi ke dua dengan jumlah pengunjung mencapai 21. 300.  Lagu ini bercerita tentang puji-pujin yang di tujukan ke pada Tuhan. Dalam video klip lagu ini, seorang wanita menggunakan baju khas Toraja sedang menarikan tari tradisional Toraja, yaitu tarian " pa'gellu'"
   


3) Katuoan Marendeng ( Daniel Tandirogang)
   
            Masih dari penyanyi yang sama dengan kedua lagu pertama dan kedua, lagu ini juga di nyanyikan oleh penyanyi Daniel Tandi Rogang. Seperti sudah di sebut bahwa Daniel Tandi Rogang Merupakan penyanyi populer di Toraja. Lagu Katuon Marendeng, merupakan lagu Rohani Kristen yang jika di bahasa Indonesiakan, maka judul tersebut menjadi ' kehidupan abadi" inti dari lagu tersebut adalah bahwa kerajaan Tuhan yang merupakan tempat kehidupan abadi dan dunia hanyalah tempat persinggahan sementara. Lagu tersebut telah di tonton 20.032 orang di youtube.

          Walaupun lagu Toraja masih cenderung susah untuk di dapat di Youtube, kita berharap semoga lebih banyak yang menguplodnya di masa depan sehingga kita lebih mudah menikmati lagu karya sangsiuluran kita. Terima kasih sudah membaca.Silakan cek artikel-artikel lain di blog ini.

5 comments:

Komentar yang mengandung pornografi,kekerasan, SARA,kurang beretika akan di hapus
PERMISI